Article

All Article


Manfaat Air Minum bagi Kesehatan Tubuh


Air minum bukan untuk sekadar menuntaskan rasa haus semata. Lebih dari itu, air memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebut saja untuk mengatur suhu tubuh serta peredam getaran di daerah mata dan punggung. Air juga dapat membantu meningkatkan proses pembakaran lemak, meningkatkan proses metabolisme, dan memberi rasa kenyang pada perut tanpa kalori.

Sedikitnya manusia membutuhkan 2 liter air per hari atau 40 cc setiap kilo berat badan. Jika air tidak dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka akan berdampak terhadap gangguan kesehatan. "Apabila air tidak cukup, maka reaksi kimia di dalam tubuh akan terganggu," kata praktisi gizi Rita Ramayulis DCN MKes.

Akibatnya, tubuh akan mengalami dehidrasi dan berisiko terhadap gangguan ginjal. Tidak optimalnya penyerapan zat gizi yang lain sehingga sel-sel akan mengalami kerusakan (aus), serta pengeluaran zat sisa berlangsung tidak sempurna yang mengakibatkan zat sisa (racun) dapat terakumulasi dalam tubuh.

Air juga penting untuk membantu kinerja organ pencernaan seperti usus. Jika usus kekurangan air akan menjadi penyebab sembelit karena usus akan menyerap zat cairan dari pembuangan lainnya. "Jika tubuh kekurangan air, juga akan dapat mengurangi fungsi organ seperti halnya usus. Selain itu, dapat merusak kesehatan kulit, yang biasa ditandai dengan kulit mengering dan terlihat kusam," kata spesialis patologi anatomi dr Delyuzar.

Lebih dari 50% komposisi tubuh manusia adalah air. Otak misalnya, sekitar 70% komposisinya air, dan paru-paru sekitar 90% adalah air. Darah juga memiliki komposisi air yang tinggi, yakni sekitar 83%, sehingga bisa menjadi media transportasi oksigen di dalam tubuh. Karena itu, air memiliki peranan penting dalam sel tubuh.

Sekitar tiga perempat bagian dari tubuh manusia terdiri atas air dan tidak seorang pun dapat bertahan hidup lebih dari lima hari tanpa minum air. Adapun spesialis internis dan gastroenterologis, dr Ari Fahrial Syam, menyarankan untuk memilih sumber air minum yang baik.
Di antaranya, tidak beracun atau mengandung toksin. Selain itu, cara memasaknya juga harus benar, yaitu dengan memanaskan air sampai suhu di atas 100 derajat Celsius atau mendidih.

Penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air bersih yang terbatas memudahkan timbulnya penyakit. Dengan mengonsumsi air minimal delapan gelas tiap hari, tubuh akan mendapat manfaat dari air yang diminumnya.

 

Sumber : www.lifestyle.sindonews.com

Categories

Latest Posts

Copyright © Air Minum Great 2018